Review ABBYY Business Card Reader

Posted on Updated on

Sejarah Pengembang

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan berskala internasional yaitu ABBYY Corporation. ABBYY Co Sendiri berdiri pada tahun 1989 oleh David Yang, pada saat itu perusahan ini bernama BIT Software dan  pada tahun 1997 perusahaan ini berubah nama menjadi ABBYY Co. Kantor pusat perusahaain ini terdapat di Kota Moscow Russia, selain itu perusahaan ini juga memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai negara, yaitu Jerman (Munich), Inggris (Theale), Amerika (Milpitas. CA), Jepang (Tokyo), Taiwan (Taipei), Ukraina (Kiev), Kanada (Ontario), Australia (Sydney), dan Cyprus.

Perusahaan ini bergerak pada bidang pengembangan perangkat lunak optical character recognition, pengelola dokumen dan perangkat lunak bahasa baik untuk platform mobile maupun PC. Pada tahun 2007 ABBY Co mulai men-spesialisasikan ke pengembangan software kamus, buku referensi, ensiklopedia dan buku – buku. ABBY Co juga memiliki anak perusahaan bernama ABBYY Language Services yang bergerak di bidang penerjemahan bahasa berteknologi tinggi.

Perusahaan ini telah mendapat berbagai macam penghargaan, salah satunya adalah KMWorld 100 Companies That Matter in Knowledge Management Award selama 5 tahun berturut – turut pada tahun 2011. Perusahaan ini juga mendapat penghargaan Fujitsu Quarterly Innovative Leadership Award.

Review Aplikasi

1ABBYY Business Card Reader adalah aplikasi pengolah kontak multifungsi yang dapat memudahkan dalam mengelola data kontak bisnis. Aplikasi ini dapat meng-import data kontak dari business card langsung ke perangkat bergerak menggunakan kamera dan teknologi perngenal text. Aplikasi ini menggunakan Optical Character Recognition (OCR) untuk mengenali karakteristik text yang ada pada business card. ABBY Co mempunyai mesin pengenal karakter sendiri yang dinamakan ABBY Mobile OCR Engine. Diluncurkan pada tahun 2009, aplikasi ini sekarang tersedian untuk Symbian OS, IOS pada tahun 2010 dan Android OS.

Saat ini, ABBYY Business Card dapat mengenali 21 bahasa, yaitu bahasa Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Indonesia, Italia, Korea, Norwegia (Bokmal), Norwegia (Nynorsk), Polandia, Portugis (Brazil), Portugis (Portugal), Russia, Spanyol, Swedia, Turki dan Ukraina. Aplikasi ini juga dapat mengenali monolingual dan multilingual business cards.

Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur yaitu :

  • Membuat kontak otomatis dengan cara men-scan business card menggunakan teknologi ABBYY OCR Mobile
  • Synkronisasi data kontak antara Android OS dan IOS
  • Penyimpanan data kontak bisnis dan menyediakan fitur search data pada kontak bisnis serta menyediakan fitur pengelompokan berdasarkan kelompok bisnis yang diinginkan
  • Menyediakan fitur “My Business Card” untuk menyimpan data pengguna aplikasi
  • Memberi catatan pada setiap data pada kontak bisnis
  • Menverifikasi hasil scan business card dengan gambar asli business card untuk mengoreksi kesalahan
  • Scan gambar atau vcard yang dikirim melalui e-mail maupun melalui sms
  • Cross-platform sharing data antara Android dan IOS
  • Menyambungkan data kontak bisnis dengan sosial media populer seperti LinkedIn, Facebook dan twitter.
  • Mencari lokasi rekan bisnis yang ada pada kontak
  • Backup dan restore data kontak bisnis
  • Mampu mengenali 21 bahasa.

Penghargaan yang didapat :

★★★★★

If your desk is strewn with printed business cards this could be the app for you. Throw away your 1980s-style rolodex and download the ABBYY Business Card Reader (BCR) – The Telegraph (UK)

★★★★★

Winner of RISING STAR Award in the “Mobile Field Sales & CRM” category in the 2013 Mobile Star Awards

★★★★★

Tried several business card readers and this BCR is best – by Kate Wickham

System requirements Android :

  • Android OS 4.0 or above
  • Camera with auto focus

System requirements IOS :

  • iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 5, iPhone 4S, iPhone 4, iPad 4, iPad 3, iPad mini with Apple iOS 7.0 and higher.
  • Camera with auto focus

Tujuan dan Manfaat Aplikasi

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk menyimpan business card dari rekan bisnis mereka tanpa harus mencatat secara manual. Pengguna hanya men-scan business card menggunakan kamera dan secara langsung aplikasi akan membuat kontak bisnis berdasarkan data yang di-scan tersebut. Aplikasi ini juga bertujuan untuk memudahkan mengorganisir kontak bisnis dan mensinkronisasikannya ke perangkat lain bahkan secara Cross-platform.

Dalam pengembangan aplikasi perangkat bergerak, terdapat tiga aspek yang wajib dipenuhi yaitu Covenience, Context dan Fun. Aplikasi ini telah memenuhi ketiga aspek tersebut dengan penjelasan sebagai berikut :

Convenience (Kenyamanan)

Aplikasi ini memiliki user interface yang nyaman dengan background holo-light (Android OS), icon yang simple sesuai dengan tren metro pada saat ini. Aplikasi ini juga mudah digunakan dengan button yang tidak terlalu banyak sehingga tidak membingungkan pengguna untuk mengoprosikannya.

Context (Kebutuhan)

Saat ini, semua dibutuhkan serba instan apalagi seorang businessman yang memiliki aktifitas yang sangat padat dan membutuhkan efisiensi waktu. Aplikasi ini menawarkan cara yang instan untuk menyimpan data relasi bisnis, pengguna tidak lagi harus mengetikkan manual data kontak bisnis yang diterima tapi dapat dengan cara men-scan business card dan langsung data secara otomatis akan tersimpan pada aplikasi. Pengguna juga dapat dengan mudah mengorganisir data yang ada pada aplikasi.

Fun (Kesenangan)

Sebagai seorang businessman sudah pasti memiliki aktifitas yang padat dan hal itu terkadang membuat jenuh dan bosan. Dengan menggunakan aplikasi ini setidaknya pengguna akan sedikit terhibur dengan user interface yang menarik dan serta perpaduan warna yang enak dipandang.

Sumber :

Tinggalkan komentar